HeadlineInfo Papua

Meski Dilaksanakan di Hari Sabtu, OPD Tetap Semangat Ikuti Bimtek Penyusunan Renstra

WAROPEN-Walaupun dalam kondisi hari libur (sabtu-red), Peserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Waropen tetap semangat mengikuti kegiatan bimbingan teknis (BIMTEK) penyusunan Rencana Strategis (Renstra) yang dilaksanakan digedung pertemuan Pemda di Nonomi, Sabtu (6/11/2021).

Setela kegiatan Bimtek Penyusunan Renstra, selanjutnya dalam satu bulan kedepan Resntra setiap OPD Harus sudah selesai, Hal tersebut dikatakan kepala Bappeda Waropen Bob Woriori ,S STP,M.Si,

“ Jadi Turunan dari RPJMD akan di jabarkan dalam Renstra OPD, Mulai dari Program Pokok akan dipertajam lagi dalam renstra” jelas Bob

Lanjut dijelaskan Penyusunan Restra adalah salah satu tahapan penyelesaian dokumen RPJMD sampai menjadi Peraturan Daerah, yaitu renstra OPD sebagai penjabaran Rancangan Awal RPJMD juga merupakan dasar dalam penyusunan program dan kegiatan tahunan (Rencana Kerja).

“hari ini walaupun hari libur, Peserta dari Setiap OPD sangat antusias mengikuti Bimtek penyusunan restra, sehingga target dalam satu minggu kedepan Renstra dari setiap OPD sudah tuntas”.

Ia juga menegaskan bahwa RPJMD di akan tuntas di tahun ini (2021-red), walaupun ada beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan salah satunya adalah KLHS sudah pada tahap Konsultasi Publik satu (KP1) dan sementara ini terkait data-data dan dokumen lagi dikerjakan oleh tim tenaga ahli khususnya untuk KLHS.

“kita berharap KLHS dalam waktu dekat akan masuk dalam konsultasi KP2, dan setela KP2 dilakukan dikaji kembali data-data dan informasi yang sudah disajikan pada KP1, dan setelah KP2 dilakukan akan menuju ke pengujian kualitas di provinsi melalui dinas kehutanan dan lingkungan hidup, karena KLHS ini merupakan syarat mutlak mendukung dokumen RPJMD”.

Disampaikan bahwa penyelesaian dokumen RPJMD sudah berada pada tahapan akhir, hanya tinggal menunggu penyelesaian KLHS.

Selanjutnya jika sudah tuntas rencana strategis (Renstra) Perangkat Daerah ditetapkan dengan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) setelah RPJMD ditetapkan.

Kegiatan pelaksanaan Bimtek tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Waropen bekerja sama dengan Bappeda Provinsi Papua dan Akademisi Universitas Cenderawasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button