HeadlineOlahraga

PB PON Siap Gelar Test Event

JAYAPURA – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua menyiapkan kebutuhan venue yang akan dipakai untuk menggelar pra pertandingan atau test event PON XX pada bulan Juli hingga Agustus 2021 mendatang.

Ketua Bidang I PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi, mengatakan test event di venue PON yang tersebar di kluster Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika akan digelar pada bulan Juli mendatang.

Oleh karena itu, jadwal maupun kebutuhan dalam venue sedang disiapkan. Kita sedang melakukan assessment bersama Technical Delegate di venue, kekurangan apa akan kita lengkapi, terutama pertandingan yang standar Nasional dan Internasional, kata Yusuf Yambe Yabdi kepada pers disela-sela rapat koordinasi dengan Sub PB PON Kota Jayapura di GOR Waringin, Rabu, 26 Mei 2021.

Yusuf mengatakan, dalam pelaksanaan test event nanti semua bidang ikut terlibat, sehingga masing-masing bidang dapat mengetahui tupoksi kerjanya demi suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua bulan Oktober nanti, katanya.

Yusuf mencontohkan kebutuhan di venue atletik Mimika Sport Center, panpel akan memasang tenda untuk atlet dari 34 provinsi sesuai banyaknya atlet yang lolos pra PON.

Misalnya atletik di Mimika yang lolos Pra PON 34 provinsi, kita sudah atur tenda untuk Papua, Jatim dan provinsi lainnya, kapasitas tenda disesuaikan dengan jumlah atlet, ujarnya.

Selain kebutuhan venue, kata Yusuf, Panitia juga harus menyiapkan ruang kesehatan, wasit/juri dan lainya, sehingga saat pelaksanaan test event nanti masing-masing bidang sudah tahu tempatnya.

Jadi, sebelum dilakukan test event bulan Juli. Kita akan gelar pelatihan atau penyegaran terhadap panpel, wasit/juri maupun teman-teman panitia yang berada pada Sub PB PON di masing-masing kluster penyelenggaraan PON.

Setelah dilakukan pelatihan bagi wasit juri dan pendukung lainnya baru kita masuk yang namanya test event. Test Event rencananya kita lakukan di bulan Juli – Agustus. Dan kita harapkan semuanya selesai di bulan Agustus.

Lanjutnya, di bulan Agustus kita juga akan mengalami tantangan, dimana sebagian waktu kita tersisa untuk penyiapan upacara 17 Agustus, kenapa? Karena hampir semua pimpinan PB PON dan Sub PB PON rata-rata kepala Dinas dan juga ikut menjadi bagian dalam rapat bersama forkopimda untuk mempersiapkan upacara 17 Agustus, sehingga alokasi waktu di bulan Agustus itu tidak bisa maksimal untuk persiapkan PON. Dan ini menjadi catatan penting bagi kami di Bidang 1 khusus di bidang pertandingan untuk bagaimana bisa mengatur waktu yang ada sehingga sisa kesiapan kita bisa dioptimalkan.

Setelah hasil test event, lanjutnya, kita akan melakukan evaluasi, kekurangan apa yang kita temukan dalam penyelenggaraan test event, kita benahi dan semoga yang telah kita lakukan dengan pertolongan Tuhan kita bisa mensukseskan penyelenggaraan pertandingan pada PON XX tahun 2021.

Diketahui, PON XX Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabor, 679 nomor pertandingan/perlombaan, dan 6.484 orang kuota atlet.

Total peserta dan perangkat pertandingan PON yang akan datang ke Papua diperkirakan sebanyak 21.338 Orang. Dari jumlah tersebut, mereka akan tersebar berdasarakan cabang olahraga di masing-masing kluster, yakni kluster Kota Jayapura, kluster Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.(Bms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button