HeadlineInfo Papua

Mengejar Bird of Paradise Ke Sawendui

Dari Kunjungan Danrem 173/PVB Brigjend TNI Iwan Setiawan

Kepulauan Yapen – Kamis, 2 September 2021, bersama rekan-rekan wartawan dan anggota Kodim 1709 YAWA, Kami bertolak ke Kampung Sawendui Distrik Rembai mengarungi lautan Saireri dengan Spedbood kurang lebih 3 jam

Saat mendekati bibir pantai Kampung Sawendui, rombongan mengalami kesulitan turun dari kapal, ombak di pesisir timur bagian utara Kepulauan Yapen ini cukup besar, namun dengan bantuan masyarakat setempat berenang mendorong kapal sambil melawan ombak dan menariknya dengan tali untuk menahan agar kapal agar tidak terseret oleh gelombang ke laut.

0409211
Tampak Bersama Keluarga, Danrem 173/PVB Brigjend TNI Iwan Setiawan didampingi Dandim 1709/YAWA Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H saat berada di Hutan Cenderawasih Kampung Sawendui. (Foto: afp).

Tidak lama setelah kami tibah di kampung Sawendui, Rombongan Danrem 173/PVB (biak) pun tiba, Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Tonny Tesar bersama masyarakat di kampung ini menyambutnya dengan melakukan penjemputan di bibir pantai sambil mengaraknya ke tempat beristirahat yang tidak terlalu jauh dari lokasi kapal berlabuh.

Selanjutnya, Sekitar Pukul 16:30 WIT, Danrem 173/PVB Brigjend TNI Iwan Setiawan, Didampingi Bupati Kepulauan Yapen dan Dandim 1709/ Yawa, Ketua Pengadilan Kepulauan Yapen, Wakapolres Yapen, Wakil Ketua dan anggota DPRD Yapen serta Jajaran Korem bersama ketua dan anggota Persit Korem 173/PVB Biak dan Persit Kodim 1709/Yawa.

Berjalan kaki masuk ke hutan sekitar 400 meter ke dalam dengan kondisi alam yang cukup menantang, ini adalah hutan paling indah, Karena lokasi disini ditempati burung yang digadang sebagai “Bird of Paradise (burung dari surga).

Untuk bisa melihat burung ini, harus disesuaikan dengan waktu burung cenderawasih keluar dari sarang untuk berosialisasi dengan sesamanya, yakni di pagi dan sore hari.

Belum Puas melihat burung Cederawasih di Sore Hari, Pagi hari Jumat, 3 September 2021 Pukul 5:30 WIT, Danrem bersama rombongan kembali kehutan, saat tiba di lokasi Jenderal Bintang satu ini pun Terpukau melihat banyaknya burungĀ  cendrawasih menampakkan dirinya diaatas ranting-ranting pepohonan yang berlalu lalang, keindahan dan kecantikan spesies burung langka ini, sesekali Jendral menunjuk tangannya ke arah atas untuk memperlihatkan kepada anak dan istrinya yang turut diajak ke lokasi hutan habitat cendrawasih.

Iwan Setiawan mengaku sangat terkesan dengan lokasi tersebut yang mana lokasi ini menjadi tempat berkumpulnya burung cenderawasih, bahkan secara jelas orang dapat melihat cenderawasih berkumpul bermain main sembari membunyikan kicauan nya, hal itu pun sangat indah untuk dinikmati.

“Tempat ini begitu indah dan asri, disni saya menyaksikan keindahan, keramahan alam kampung Sawendui kita bisa sama-sama dengan kicauan burung cendrawasih yang begitu sangat mempesona,” Ucap Iwan Setiawan.

Pada kesempatan itu, ia pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut menjaga dan melestarikan alam habitat cenderawasih.

“Jangan sekali-kali terbesit dibenak kita untuk memburu demi rupiah yang tidak ada harganya dibanding dengan keberadaan burung cenderawasih ini,” Pintanya.

Lantas Ia pun mengucap syukur, kunjungan nya di kampung Sawendui yang turut didampingi Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Kepala Distrik, Kepala Kampung dan seluruh masyarakat setempat disambut dengan ramah. (afp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button