HeadlineLintas Daerah

Pergumulan Panjang Bupati dan Masyarakat Wondama Dijawab Tuhan SS Ke-XIX 2027

WAROPEN- Akhirnya pergumulan Panjang Bupati dan seluruh masyarakat Kabupaten Teluk Wondama dijawab Tuhan sebagai tuan rumah Pelaksanaan Sindang Sinode ke-XIX tahun 2027 mendatang.

Kerinduan anak-anak GKI di Wondama terjawab sudah, tidak sia-sia perjuangan dan Doa yang dipanjatkan kepada Tuhan terkabulkan tepat pada pukul 21.00 malam kamis 21/07/2022) pada pelaksanaan sidang sinode ke 18 di Kabupaten Waropen di ruang sidang Gedung Gereja Betania Waren.

Sebelum diputuskan Wondama sebagai tuan rumah pelaksanaan sidang sinode selanjutnya, dibalik itu ada dukungan datang bertubi-tubi salah satunya adalah Bupati Waropen Yermias Bisai,S.H dan Bupati Biak Numfor Hery Naap, Menurut Hery Naap, meski ia juga ingin sidang sinode berikutnya digelar di Biak, namun ia mendukung keinginan Bupati Teluk Wondama.

Sebelumnya kepada Wartawan, Bupati Teluk Wondama Ir.Hendrik Mambor mengatakan Teluk Wondama punya posisi penting dalam sejarah pekabaran injil di Tanah Papua, dimana Wondama tepatnya di bukit Aitu meiri Mie diyakini benih-benih injil ditabur dan dari situ Injil mulai tersebar di Tanah Papua.

Selain itu, Peradabadan baru Orang Papua di mulai dari sana, hal itu ditandai berdirinya sekolah formal pertama oleh Pendeta I.S Kijne sehingga orang asli Papua bisa mengenal baca tulis.

Ia juga menyebutkan bahwa, setelah pewartaan injil pertama di Pulau Mansinam, Manokwari, tahun 1855, para misionaris dari Eropa memilih Wondama sebagai basis penyebaran agama Kristen selanjutnya.

“ di Wondama banyak tempat menyimpan peninggalan yang menjadi bukti sejarah pekabaran Injil di Tanah Papua ratusan tahun lalu”

Bukit Aitumeiri di Miei, Wasior yang terkenal dengan situs batu peradaban karena menjadi tempat pertama kalinya orang asli Papua mengenal pendidikan formal , dan di Yende dahulu disebut Pulau Roon ada warisan berupa gereja dan Alkitab tua. Jelas Hendrik Mambor .

Dari kilas balik itu lah, Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama bersama Klasis GKI Wondama bertekad menjadi tuan rumah Sidang Sinode pada 2027, dan kegiatan-kegiatan gerejani lainnya. (YN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button