Info Papua

Alex Kapisa: Atlet Papua Bisa Berlatih di Venue PON

JAYAPURA – Dinas Olahraga dan Pemuda Papua memprioritaskan para atlet Papua untuk melakukan latihan pada venue-venue Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Kami tetap membuka ruang sebesar-besarnya kepada atlet tuan rumah berlatih di venue, tetapi hingga saat ini kami masih siapkan berkas-berkas proses hibah khususnya venue yang dibangun Kementerian PUPR,” Demikian dikatakan Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alex Kapisa kepada pers disela-sela Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrembangda) Provinsi Papua, Senin (20/4/2021) .

Menurutnya, sudah dua kali dilakukan pertemuan dengan kementerian PUPR untuk proses hibah, namun dalam venue ada beberapa peralatan yang perlu didiskusikan dengan pihak-pihak terkait.

“ada peralatan-peralatan dalam venue seperti “Timing system yang didatangkan dari luar negeri perlu kita bicarakan dengan vendornya, dan kami akan percepat prosesnya, sehingga bulan depan ini para atlet sudah bisa berlatih di venue-venue PON,” ujarnya.

Alex menegaskan, Papua harus sukses prestasi pada penyelenggaran PON XX tahun 2021, sehingga pihaknya sangat mendukung para atlet untuk berlatih di venue.

“Kami mohon para atlet bersabar, dengan SDM yang ada pada dinas olahraga, kita berusaha untuk proses administrasi hibah venue ini segera rampung dalam waktu dekat ini,” tegasnya.

Alex menambahkan, pengurus cabor Hocky sudah minta izin untuk penggunakan venue di Doyo Baru, tapi kita perlu operator pendukung lainnya, karena kita belum bisa SDM untuk mengoperasikan peralatan yang ada dalam venue tersebut.

“Kami harapkan minggu depan, semua venue yang dibiayai APBN sudah serahkan kepada kita dan para atlet sudah bisa berlatih,”tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya berharap, pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda bisa mempermudah atlet tuan rumah (Papua) untuk segera berlatih di venue-venue yang telah rampung 100 persen.

“Kami harapkan Disorda dan PB PON mempermudah akses bagi para atlet Papua berlatih di venue, kita semua bekerja untuk kemenangan Papua di PON nanti, saya minta dukungan PB PON dan Disorda untuk sama-sama mendukung atlet Papua berlatih di venue, jangan samakan atlet kita dengan kontingen lain,” harapnya. (Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button