Headline

Kota Jayapura Dapat Dana PON 108 Miliar

JAYAPURA – Sub Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Kota Jayapura mendapat anggaran sebesar Rp 108 miliar lebih dari PB PON Papua.

Surat berita acara serah terima tugas fungsi, tanggung jawab dan anggaran penyelenggaraan dari PB PON Papua ditandatangani langsung oleh Yunus Wonda selaku Ketua Harian PB PON Papua dan Ketua Umum Sub PB PON Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano di Hotel Horison Ultima Entrop, Jumat (11/6/21).

Benhur Tomi Mano dalam arahanya berkomitmen untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX yang akan digelar Oktober mendatang, tanpa memikirkan nilai anggaran operasional yang diberikan oleh PB PON Papua.

“Meski besaran anggaran yang disetujui tak seperti yang diajukan, selaku kepala daerah di Kota Jayapura, saya menjamin PON XX di klaster Jayapura akan berjalan sukses,” jelasnya

Tomi Mano mengatakan, Sub PB Kota Jayapura mendapatkan pergeseran anggaran Rp108 miliar untuk operasional PON XX dari nilai Rp124 miliar yang diajukan dalam RKA. Sementara untuk operasional bidang kesehatan akan dipakai dari dana Kota Jayapura.

“Masyarakat Kota Jayapura yang berada di areal venue akan kita vaksin, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo,” teganya.

Tomi Mano juga mengimbau warga Kota Jayapura baik tokoh agama dan masyarakat adat di 14 Kampung untuk mensukseskan PON XX.

“Mari kita merendahkan diri untuk menerima berapapun dana yang dikasih untuk mensukseskan PON ini,” kata Benhur.

Benhur juga mengajak kepada Bupati-Bupati di 3 klaster lainnya agar tetap menerima berapapun anggaran yang akan diberikan oleh PB PON. Karena menurutnya, PON XX adalah harga diri Papua.

“Kepada Bupati di 3 klaster, mari kita sama-sama sukseskan PON XX ini karena PON adalah harga diri orang Papua. Mari kita menerima pergeseran dana yang diberikan ke kita sedikit atau lebih jangan lihat nilainya, tapi mari kita sukseskan PON XX itu. Harapan saya sebagai teman sejawat kepala daerah, jangan dibanding-bandingkan berapa yang akan di dapat. Sukseskan PON itu yang terpenting,” ujarnya.

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda mengatakan dengan proses penyerahan surat keputusan pergeseran anggaran, tugas fungsi dan tanggung jawab menjadi wewenang Sub PB Kota Jayapura.

“Ini artinya sudah selesai dan kami sudah serahkan kepada teman Sub dan kami yakin akan sukses di kota Jayapura, kami berterima kasih kepada pemerintah kota jayapura. Apa yang sudah dipercayakan negara kepada kita sebagai anak bangsa mari kita sukseskan ini. Tolak ukur kita adalah Kota Jayapura. Mari kita pastikan PON XX di Jayapura bisa berjalan dengan baik,” kata Wonda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button