Ekonomi & BisnisInfo Papua

Fraksi Golkar Tanggapi Pertumbuhan Ekonomi di Waropen

WAROPEN- Fraksi Golkar menanggapi beberapa hal pada Sidang atau Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi terhadap Raperda APBD 2021 yang menanggapi Pidato Pengantar Nota Keuangan Bupati yang disampaikan oleh Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi, SE. Tanggapan fraksi ini dibacakan oleh Yonatan Yance Reri.

Golkar menanggapi pertumbuhan ekonomi di Waropen masih harus terus digairahkan. Dengan menghidupkan pelaku-pelaku ekonomi produktif pada skala mikro di pasar-pasar tradisional. Meski diakui, factor pertumbuhan ekonomi yang melambat yang dirasakan saat ini juga merupakan dampak dari pandemic covid-19 secara global dan dalam skala Nasional.

Namun, fraksi inii meminta agar masyarakat segera bangkit dari keterpurukan ekonomi, dan dibantu oleh pemerintah untuk menghidupkan gairah beli maupun produksi masyarakat. Dia meminta agar masyarakat di kampung-kampung juga segera fungsikan pasar-pasar distrik dan kampung yang telah dibangun.

“Tingkatkan aktivitas pasar, kepala distrik dan kampung memiliki peran untuk membangun siklus peredaran dana desa lebih banyak di wilayah masing-masing, sehingga memacu dan memicu masyarakat untuk lebih aktif dalam mengelola sumber daya kampung yang ada untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tandas Y. Reri.

Selain itu Fraksi Golkar meminta agar tiap pasar dan pelaku ekonomi lainnya mampu berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Waropen dengan menyumbang pajak dan retribusi untuk dapat mencapai target penerimaan PAD. Tidak hanya pelaku ekonomi tetapi juga memaksimalkan potensi penerimaan lainnya, seperti Galian C dan IMB, Dermaga Tradisional Sanggei di Urfas, dan Dermaga Sawai Waropen Bawah.

Sidang ini dihadiri langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD Waropen, dipimpin oleh Waket I DPRD Waropen Gasper Ivan Imbiri, disaksikan oleh Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi, SE, Sekda Waropen Melianus Aiwui, Anggota-anggota DPRD, dan pimpinan OPD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button